LIFE LIFE LIFE

we do nothing except trying alive

Jumat, 16 April 2010

saat dimana kita menjadi satu kesatuan

Kita semua tentu tau apa itu arti dari kesatuan? Kelompok. Kumpulan. Dan mengatur maupun mengoordinasikan suatu kelompok itu tidaklah mudah.

Kalau dihitung, memang saya masih terlalu hijau dalam pengoordinasian seperti itu. Namun pengalaman yang masih sedikit seperti ini pun sudah bisa membuat saya memberikan pendapat.

Ketidaksempurnaan manusia menyebabkan suatu penggarapan pun takkan pernah sempurna. Sebaik apapun perencanaan akan sesuatu, ketidaksempurnaan ini pasti ada, cacat pasti timbul. Sebaik apapun isi kepala yang berkumpul, ada saja lubang yang menganga. Ini anggapan kepala terbaik dan rencana baik.

Bagaimana bila rencana tak maksimal? Bagaimana jika perencanaan kurang matang? Bagaimana jika koordinasi kurang? Banyak yang sebenarnya tak mengerti? Banyak yang saling caci maki, menghina, dan menyakiti? Bagaimana jika ada suara yang tak didengarkan? Bagaimana jika ada ketidakadilan? Bagaimana semua pertanyaan ini dijawab? Bagaimana jika takkan pernah ada jawaban yang memuaskan? Bagaimana jika semua ini memang tiada akhir?

Lalu apa yang harus kita lakukan? Sebenarnya justru sebenarnya bukan semua itu yang kita pertanyakan namun apa yang kita bisalah yang harusnya kita pertanyakan.

Jadi jawabannya hanya melakukan apa yang kita bisa. Hanya mengerahkan semaksimal mungkin kemampuan kita. Hanya berusaha demi memuaskan batin kita. Hanya demi ketenangan hati kita.

Matang.

Dan terus maju ke depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar